Selasa, 11 September 2012

TUTORIAL MEMBUAT ANIMASI

ANIMASI PESAWAT
·         Buat layer background pd frame 1 buatlah kotak yg memenuhi stage dan diberi warna yg sesuai dgn warna untuk langit. Klik kanan frame 160 dan pilih insert  frame. Kunci layer background.
Buat layer baru dan beri nama layer “awan”, pada frame 1 layer awan gambarlah gumpalan awan kemudian konvert menjadi movie clip, deri nama “awan”. Letakkan awan yg sudah jadi kearah luar sebelah kiri stage.
·                     Klik movie clip awan kemudian buka panel action (F9). Kemudian tuliskan script berikut
onClipEvent (load) {
_y = 100+random(400);
Xawal = _x;
Kecepatan = 10;
}
onClipEvet (enterframe) {
_x+ = kecepatan
If(_x>800) {
_x = xawal;
_y = 100+random(400);
}
}
·         Copy movie clip awan menjadi beberapa buah dengan ukuran dan letek yg berbeda – beda akan tetapi di luar sebelah kiri stage. Klik kanan frame 160 kemudian pilih insert frame setelah itu kunci layer.
·         Buat layer baru dan beri nama pesawat. Klik kanan frame 20 layer pesawat, dan gambarlah bentuk pesawat, setelah itu pesawat tsb jadikan group (ctrl+G).
·         Letakkan pesawat yg ada dalam frame 20 ke luar sebelah kanan stage, klik kanan frame 50 dan pilih insert keyframe. Geserlah gambar pesawat yg ada di dalam frame 50 ke tengah – tengah stage kemudian buat motion tween.
·         Klik kanan frame 60 layer pesawat dan pilih insert keyframe, lakukan juga pd frame ke 70. Pada frame ke 70 geser pesawat sedikit ke atas kemudian buat motion tween.
·         Klik kanan frame 80 layer pesawat dan pilih insert keyframe, geser pasawat agar sedikit berpindah kemudian buat motion tween
Buat layer baru kemudian beri nama layer rumus pastikan layer ini berada di bagian bawah layer pesawat. Pada frame 50, tulislah rumus dan letakkan di belakang bagian pesawat. Insert keyframe pd frame ke 80 layer rumus. Pada frame 50 ubah ukuran tulisan rumus menjadi kecil dan letakkan sedemikian rupa agar pesawat dapat menutupi tulisan tadi.

Insert keyframe pd frame ke 120 dan 160 layer pesawat dan layer rumus. Klik layer 160 layer pesawat dan tahan tombol shift kemudian frame 160 lyer rumus, maka ke2 objeck dalam stage akan terseleksi. Geser ke2 gambar/object tsb ke luar sebelah kiri atas stage. Kemudian create motion tween.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar